Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektifitas perangkat pembelajaran melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa, 2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah, 3) peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4-D oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel, meliputi proses define, design, develop, dan disseminate. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bilah Hilir. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: 1) koefisien validitas perangkat pembelajaran sebesar 4,61 dengan kriteria sangat valid, 2) reliabilitas hasil uji coba tes kemampuan pemahaman konsep matematis untuk postes I sebesar 0,805, postes II sebesar 0,806, postes III sebesar 0,805, dan postes IV sebesar 0,882 dengan kategori sangat tinggi, 3) hasil uji pengembangan: pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 3,53 kategori cukup baik, pencapaian persentase waktu ideal memenuhi kriteria toleransi 5%, hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis memenuhi ketuntasan klasikal sebesar 89,71, dan hasil angket respon siswa dengan kriteria sangat positif, 4) kemampuan disposisi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada kemampuan disposisi siswa sebelum menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah.