IMPLEMENTASI MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI SMK NEGERI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang dibelajarkan dengan model PBL dan model DI di SMK Negeri 1 Batang Onang., (2) Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang dibelajarkan dengan model PBL dan model DI di SMK Negeri 1 Batang Onang, dan (3) Kolerasi antar hasil belajar siswa dengan berpikir kritis siswa di SMK Negeri 1 Batang Onang. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, di mana kelas XI ATR sebagai kelas eksperimen pertama yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL (problem based learning) dan XI TSM sebagai kelas eksperimen kedua yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar Kimia dam bentuk pilihan berganda yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang dibelajarkan dengan model PBL dan model DI di SMK Negeri 1 Batang Onang. dengan sig P = 0,01 < α = 0,05, (2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang dibelajarkan dengan model PBL dan model DI di SMK Negeri 1 Batang Onang dengan P = 0,03 < α = 0,05 (3) Tidak ada kolerasi antar hasil belajar siswa dengan berpikir kritis siswa di SMK Negeri 1 Batang Onang dengan sig. 0,09 > α = 0,05