Daftar Isi:
  • Penelitan ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan buku ajar Biologi pencemaran lingkungan berbasis literasi sains kelas X SMA/MA; (2) mengetahui tanggapan guru bidang studi Biologi dan siswa terhadap buku ajar yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan produk Borg dan Gall, yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Model ini meliputi enam tahapan, yaitu: 1. Melakukan penelitian pendahuluan; 2. Perencanaan produk 3. Pengumpulan bahan; 4. Pengembangan produk awal; 5. Validasi produk; 6. Revisi dan uji coba. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket/kuisioner. Data-data dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validasi tim ahli materi berada pada kriteria “sangat baik” (87,98%); (2) validasi tim ahli desain pembelajaran berada pada kriteria “baik” (78,5%), (3) penilaian guru bidang studi Biologi berada pada kriteria “sangat baik” (89,8%), (4) uji coba perorangan berada pada kriteria “Sangat Baik” (95%), (5) Uji coba kelompok kecil berada pada kriteria “Sangat Baik” (91,38%), (6) Uji coba kelompok lapangan terbatas berada pada kriteria “Sangat Baik” (83,43%); sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan penelitian buku ajar Biologi pencemaran lingkungan berbasis literasi sains yang dikembangkan ini layak untul digunakan sebagai buku ajar siswa kelas X SMA/MA atau sebagai penunjang pembelajaran Pencemaran Lingkungan di sekolah.