MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SD METHODIST-12 MEDAN TAHUN AJARAN 2014
Daftar Isi:
- Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: (1) guru menggunakan pendekatan yang berpusat pada guru yang dominasi ekspositori/ceramah, (2) tumbuhnya budaya menghafal rumus melalui buku tanpa penjelasan sebelumnya, (3) pembelajaran yang berpusat pada buku, (4) minimnya metode/media/strategi pembelajaran, (5) pembelajaran dominan terhadap kognitif (pengetahuan), (6) siswa tidak termotivasi dalam pembelajaran matematika, dan (7) kurangnya kemampuan pemahaman matematis siswa terhadap materi pelajaran matematika. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa, (3) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran, dan (4) mengetahui efektivitas siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu: (1) bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa?, (2) bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa?, (3) bagaimana respon siswa? (4) bagaimana efektivitas siswa? Jenis pelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan alat peraga sebagai sasaran utama. Dimana penelitian ini berupaya memaparkan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan alat peraga dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan alat peraga pada mata pelajaran matematika di kelas VI SD Methodist-12 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI berjumlah 50 yang diantaranya 26 orang laki-laki dan 24 orang perempuan di SD Methodist-12 Medan. Penetapan kelas ini diambil berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan diteliti dan saran dari kepala sekolah. Objek formal melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan alat peraga. Hasil penelitian pada motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari rata-rata kelas 68.22% pada siklus I menjadi 71.89% pada siklus II dan menjadi 82.29% pada siklus III. Kemampuan pemahaman matematis siswa mengalami peningkatan dari rata-rata kelas 64.33% pada siklus I menjadi 77.67% pada siklus II dan menjadi 88.67% pada siklus III. Respon siswa terhadap pembelajaran mengalami peningkatan dari rata-rata kelas 70.40% pada siklus I menjadi 85.11 pada siklus II dan menjadi 92.00% pada siklus III. Efektivitas pembelajaran siswa mengalami peningkatan dari rata-rata kelas 62.48% pada siklus I menjadi 76.04% pada siklus II dan menjadi 88.29% pada siklus III. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan alat peraga dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan pemahaman matematis siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor pada pokok bahasan luas bangun datar di kelas VI SD Methodist-12 Medan.