Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII-5 SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui pendekatan problem posing berbantuan PPT di kelas VII-5 SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang dicapai di kelas VII-5 SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan melalui pendekatan problem posing berbantuan PPT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif oleh guru dan peneliti. Tindakan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan problem posing berbantuan PPT. Pengumpulan data dilakukan dengan pelaksanaan tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan observasi terhadap pembelajaran. Hasil observasi proses pembelajaran berlangsung dengan baik yaitu dari hasil observasi di siklus I rata-rata mencapai 2,98 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan di siklus II rata-rata mencapai 3,36 dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil analisis tes kemampuan pemahaman konsep yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menggunakan pendekatan problem posing berbantuan PPT, hasil belajar siswa ( 70) secara klasikal masih belum tercapai karena hanya 20 siswa (60,61%) yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 70,59. Setelah pelaksanaan tindakan siklus II, hasil belajar siswa ( 70) secara klasikal telah tercapai yaitu 29 siswa (87,88%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 80,04. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan pemahaman konsep siswa dari siklus I ke siklus II adalah 9,45. Karena hasil tes kemampuan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan dan ketuntasan belajar klasikal telah tercapai dan terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa sehingga pelaksanaan tindakan diakhiri. Dengan demikian, pendekatan problem posing berbantuan powerpoint presentation dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan.