PERBEDAAN HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK (TIPTL) SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dasar dan pengukuran listrik yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran think talk write pada siswa kelas X TIPTL di SMK Negeri1 Lubuk Pakam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswsa kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, berjumlah 2 kelas, kelas TIPTL 1 berjumlah 36 orang dan kelas TIPTL 2 berjumlah 36 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (menggunakan strategi pembelajaran TTW) dan kelas kontrolnya (menggunakan strategi pembelajaran ekspositori). Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik. Nilai rata-rata post test siswa pada kelas eksperimen sebesar 78 dan kelas kontrol sebesar 66. Untuk uji normalitas data pada taraf signifikan sebesar 0,05. Uji normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung sebesar 0.101 dan Ltabel sebesar 0,147 karena Lhitung<Ltabel atau 0.101<0,147 maka data instrumen pada kelas eksperimen pada kategori normal, dan uji normalitas pada kelas kontrol diperoleh Lhitung sebesar 0,075 dan Ltabel sebesar 0,147 maka data instrumen pada kelas kontrol pada kategori normal. Dan Uji Homogenitas Fh (Varian Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol) sebesar 0.78 dan Ftsebesar 1.77, karena Fhitung<Ftabel 0.78<1.77 maka seluruh varian homogen. Dengan pengujian hipotesis menggunkan uji-t dengan taraf signifikan menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran pada siswa yang diajar menggunakan (strategi pembelajaran think talk write) dengan (strategi pembelajaran ekspositori) dilihat dari thitung 3.29 yang lebih besar dari ttabel 1.66, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha di terima.