Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan kebiasaan membaca dengan kemampuan menemukan gagasan utama dalam teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Nasrani 5 Medan sebanyak 111 orang dan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan adalah metode deskripsi koresional. Data kebiasaan membaca dijaring dengan menggunakan angket sebanyak 15 soal. Data kemampuan menulis karangan argumentasi dijaring dengan menggunakan tes essay. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji keberartian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal, linier, dan berarti. Hasil perhitungan dengan menggunakan anlisis korelasi Product Moment pada taraf signifikan α 0.05 menujukkan nilai rhitung > rtabel yakni 0.857 > 0.349, hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menemukan gagasan utama dalam teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Nasrani 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Adanya hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menemukan gagasan maka dapat disimpulkan bahwa Ho (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima.