Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan minat belajar siswa, (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dan (3) Mengetahui ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan metode jarimagic. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas II SD Negeri Lam ura Aceh Besar dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika, lembar observasi aktivitas siswa dan kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar observasi terhadap minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pembelajaran dengan Metode Jarimagic dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Untuk klasikal kelas pada siklus I sebesar 72,8% pada pertemuan pertama dan 75,3% pada pertemuan kedua, pada siklus II menjadi 80,05% pada pertemuan pertama dan 84,3% pada pertemuan kedua, (2) pembelajaran dengan metode jarimagic dapat meningkatkan minat belajar siswa, untuk skor observasi minat meningkat dari 70,1% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II, (3) penerapan pembelajaran dengan metode jarimajic terhadap proses pembelajaran matematika efektif, ditandai dengan tercapainya (i) ketuntasan klasikal sebesar 85% diatas kriteria yang ditetapkan yaitu 80%, dan rata-rata kelas sebesar 82,2 diatas kriteria yang ditetapkan yaitu 80%, (ii) persentase aktivitas siswa kategori baik sebesar 78,6% pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua sebesar 83,9% pada siklus II, untuk kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 85,1% diatas kriteria yang ditetapkan yaitu 80%, (ii) waktu yang efisien, dimana penerapan pembelajaran telah dilaksanakan sesuai dengan waktu pada RPP. Rekomendasi atas hasil penelitian ini adalah para guru agar melaksanakan pembelajaran dengan metode jarimagic sebagai salah satu alternatif upaya meningkatkan minat dan pemecahan masalah matematika siswa khususnya pada materi operasi hitung perkalian.