Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan antara kecerdasan emosional dan hasil belajar teknik pengelasan dengan minat berwirausaha pada siswa kelas X program keahlian teknik kenderaan ringan di SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2014/2015. Metode Penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X program keahlian teknik kenderaan ringan di SMK Negeri 2 Binjai yang terdiri dari 2 Kelas yaitu kelas X TKR A dan X TKR B berjumlah 45 orang. Dalam hal ini, sampel penelitian ditentukan dengan tabel Krejci dan Morgan yang mana sampel yang di ambil adalah berjumlah 40 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk kecerdasan emosional dan minat berwirausaha sedangkan untuk hasil belajar teknik pengelasan menggunakan dokumentasi. Jumlah instrument kecerdasan emosional dan minat berwirausaha sebanyak 30 pernyataan. Pada angket kecerdasan emosional terdapat 25 pernyataan yang dinyatakan valid dengan reliabilitas 0,911 tergolong sangat tinggi, sedangkan pada minat berwirausaha terdapat 28 pernyataan yang dinyatakan valid dengan reliabilitas 0,939 tergolong sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment, analisis korelasi parsial dan analisis korelasi ganda pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kecerdasan emosional dengan minat berwirausaha (r = 0,445) dan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara hasil belajar teknik pengelasan dengan minat berwirausaha (r = 0,436) serta ditemukan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kecerdasan emosional dan hasil belajar teknik pengelasan dengan minat berwirausaha (r = 0,595). Koefisien determinasi antara variabel kecerdasan emosional dengan minat berwirausaha sebesar 0,1986 dan koefisien determinasi antara hasil belajar teknik pengelasan dengan minat berwirausaha sebesar 0,1901 serta koefisien determinasi antara kecerdasan emosional dan hasil belajar teknik pengelasan dengan minat berwirausaha sebesar 0,3545. Ringkasan hasil analisis regresi tersebut sebagai berikut : Fh = 10,160 harga Ft = 1,64 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Fh > Ft (10,160 > 1,64). Bahwa persamaan regresi Y = 31,77 + 0,39X1 + 0,38X2 dapat dipertanggung jawabkan untuk menarik kesimpulan mengenai hubungan antara kecerdasan emosional dan hasil belajar teknik pengelasan dengan minat berwirausaha.