HUBUNGAN PEMANFAATAN LABORATORIUM KOMPUTER DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR LANJUT DENGAN PERANGKAT LUNAK (AutoCAD) PADA SISWA SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Main Author: Sinambela, Benardo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/22740/1/1.%20BENARDO%20SINAMBELA%20NIM%20508311009%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22740/2/2.%20BENARDO%20SINAMBELA%20NIM%20508311009%20LEMBAR%20PENGESAHAAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22740/3/3.%20BENARDO%20SINAMBELA%20NIM%20508311009%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22740/5/4.%20BENARDO%20SINAMBELA%20NIM%20508311009%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22740/4/5.%20BENARDO%20SINAMBELA%20NIM%20508311009%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22740/6/6.%20BENARDO%20SINAMBELA%20NIM%20508311009%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22740/7/7.%20BENARDO%20SINAMBELA%20NIM%20508311009%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22740/8/8.%20BENARDO%20SINAMBELA%20NIM%20508311009%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22740/9/9.%20BENARDO%20SINAMBELA%20NIM%20508311009%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22740/10/13.%20BENARDO%20SINAMBELA%20NIM%20508311009%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22740/11/14.%20BENARDO%20SINAMBELA%20NIM%20508311009%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22740/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan Pemanfaatan Laboratorium Komputer dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak (AutoCAD) baik secara masing-masing maupun bersamaan. Manfaat penelitian ini adalah memberikan sumbangsih bagi dunia pendidikan dalam rangka perbaikan proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dengan Pemanfaatan Laboratorium Komputer dan Motivasi Belajar secara maksimal dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang beralamat di Jl. Galang Lubuk Pakam dengan mengambil sampel sebanyak 32 orang responden, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur Pemanfaatan Laboratorium Komputer dan Motivasi Belajar berupa angket sedangkan hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak (AutoCAD) diketahui dari nilai raport. Sebelumnya instrumen telah diuji coba kepada siswa kelas XI TGB-B SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Uji coba instrumen dihitung dengan menggunakan produck momen untuk angket dengan jumlah soal terdiri dari 21 butir untuk Pemanfaatan Laboratorium Komputer, 21 butir untuk Motivasi Belajar. Diperoleh 20 butir soal yang valid untuk Pemanfaatan Laboratorium Komputer dengan reliabilitas 0,933; 20 butir soal yang valid untuk Motivasi Belajar dengan reliabilitas 0,899. Dengan demikian variabel Pemanfaatan Laboratorium Komputer dan Motivasi Belajar memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi. Tingkat kecenderungan Pemanfaatan Laboratorium Komputer siswa kelas XI TGB-A SMK Negeri 1 Lubuk Pakam berada dalam kategori tinggi 96,88% sementara Motivasi Belajar siswa siswa kelas XI TGB-A SMK Negeri 1 Lubuk Pakam berada pada kategori tinggi 96,88% dan Hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak (AutoCAD) berada dalam kategori cukup 96,875%. Hasil analisis pengujian hipotesis dalam penelitian ini diperoleh bahwa 1) Pemanfaatan Laboratorium Komputer dengan Hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak (AutoCAD) (Ha diterima) dengan rx1y = 0,423 > rtabel = 0,349 dan besar thitung = 2,557 > ttabel = 1,695; 2) Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak (AutoCAD) (Ha diterima) dengan rx2y = 0,494 > rtabel = 0,349 dan besar thitung = 3,109 > ttabel = 1,695; 3) Pemanfaatan Laboratorium Komputer dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak (AutoCAD) (Ha diterima) dengan R = 0,598 > rtabel 0,349 dan besar Fhitung = 8,072 > Ftabel = 3,33.