PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (Contextual Teaching and Learning) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 1 LINTONGNIHUTA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional pada kelas X Program Keahlian Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Lintongnihuta Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap, pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian semu atau quasy eksperimental. Perhitungan hasil uji coba instrumen, dari 32 soal diperoleh 28 soal yang valid dan 4 soal yang tidak valid. Indeks kesukaran soal diperoleh 20 soal dalam kategori sedang dan 8 soal dalam kategori mudah. Daya beda soal diperoleh 8 butir soal dalam kategori cukup, terdapat 17 butir soal dalam kategori baik, dan 3 butir soal dalam kategori sangat baik. Uji reliabilitas diperoleh rhitung 0,93 dengan kategori sangat tinggi. Dari hasil perhitungan hasil belajar siswa, diperoleh rata-rata skor siswa pada kelas eksperimen (21,67) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor hasil belajar pada kelas kontrol (18,37). Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung (4,54) > ttabel (2,03). Hasil penelitian menujukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional