PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (Contextual Teaching and Learning) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 1 LINTONGNIHUTA

Main Author: Nababan, Lizon Muctar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/22717/1/1.%20Lizon%20Muctar%20Nababan%2C%20NIM%205103311019%20Cover.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22717/2/2.%20Lizon%20Muctar%20Nababan%20NIM%205103311019%20Lembar%20Pernyataan%2C%20Pengesahan%20dan%20Persetujuan.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22717/3/3.%20Lizon%20Muctar%20Nababan%2C%20NIM%205103311019%20Abstrak.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22717/4/4.%20Lizon%20Muctar%20Nababan%2C%20NIM%205103311019%20Kata%20Pengantar.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22717/5/5.%20Lizon%20Muctar%20Nababan%2C%20NIM%205103311019%20Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22717/6/6.%20Lizon%20Muctar%20Nababan%2C%20NIM%205103311019%20Daftar%20Tabel.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22717/7/7.%20Lizon%20Muctar%20Nababan%2C%20NIM%205103311019%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22717/8/8.%20Lizon%20Muctar%20Nababan%2C%20NIM%205103311019%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22717/9/9.%20Lizon%20Muctar%20Nababan%2C%20NIM%205103311019%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22717/10/13.%20Lizon%20Muctar%20Nababan%2C%20NIM%205103311019%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22717/11/14.%20Lizon%20Muctar%20Nababan%2C%20NIM%205103311019%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22717/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional pada kelas X Program Keahlian Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Lintongnihuta Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap, pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian semu atau quasy eksperimental. Perhitungan hasil uji coba instrumen, dari 32 soal diperoleh 28 soal yang valid dan 4 soal yang tidak valid. Indeks kesukaran soal diperoleh 20 soal dalam kategori sedang dan 8 soal dalam kategori mudah. Daya beda soal diperoleh 8 butir soal dalam kategori cukup, terdapat 17 butir soal dalam kategori baik, dan 3 butir soal dalam kategori sangat baik. Uji reliabilitas diperoleh rhitung 0,93 dengan kategori sangat tinggi. Dari hasil perhitungan hasil belajar siswa, diperoleh rata-rata skor siswa pada kelas eksperimen (21,67) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor hasil belajar pada kelas kontrol (18,37). Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung (4,54) > ttabel (2,03). Hasil penelitian menujukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional