PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 BINJAI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONTRUKSI BATU DAN BETON
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Group Investigation (GI) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI program Keahlian Teknik Kontruksi Batu dan Beton. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2014 dengan jumlah siswa 27 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yang pertama perencanaan, kedua tindakan, di dalam pelaksanaan tindakan terdapat beberapa fase diantaranya pengelompokkan, perencanaan, penyelidikan, pengorganisasian, persentase hasil final, dan evaluas., ketiga pengamatan, dan keempat refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar. Instrumen yang diujikan berupa tes. Tes sebelum diujikan terlebih dahulu diuji cobakan untuk memperoleh tes yang memenuhi syarat.. Dari hasil ujicoba instrument di SMK Negeri 2 Binjai yang dilakukan pada siklus I diperoleh 15 soal yang valid dari 18 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 7 soal mudah, 9 soal sedang dan 2 soal sukar, daya beda soal diperoleh 1 soal sangat baik, 2 soal baik , 8 soal cukup dan 9 soal jelek, uji reliabilitas diperoleh 0,86 (sangat tinggi) dan pada siklus II 15 soal yang valid dari 17 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 4 soal mudah dan 9 soal sedang, daya beda soal diperoleh 5 soal sangat baik, 4 soal baik dan 9 soal jelek , uji reliabilitas diperoleh 0.565 (cukup). Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan siklus I dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 63,57 meningkat menjadi 86,42 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model GI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.