HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN GAMBAR TEKNIK DAN KREATIVITAS BELAJAR DENGAN PRAKTIK MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI KAYU SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2016-2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan dan keberartian Hubungan Antara Pengetahuan Gambar Teknik dan Kreativitas Belajar Dengan Praktik Menggambar Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Konstruksi Kayu SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X Teknik Konstruksi Kayu berjumlah 32 orang. Metode Deskriptif menggunakan pendekatanChi-quadrat, p=0,5, dengan batas eror diasumsikan 5% (0,05). Jenis penelitian ini adalah Korelasi. Data penelitian diambil dari tes berbentuk pilihan berganda dan angket model skala Likert. Berdasarkan hasil uji coba instrument yang dilakukan pada tes Pengetahuan Gambar Teknik diperoleh 30 butir soal yang diujikan 22 butir soal yang valid dan 8 buah butir soal yang tidak valid, hasil uji taraf kesukaran diketahui bahwa dari 22 butir yang valid terdapat 3 butri kategori soal mudah, dan 19 butir kategori soal sedang, hasil uji coba daya pembeda diketahui bahwa dari 22 butir yang valid terdapat 1 butir kategori soal baik sekali, 3 butir kategori soal baik, 9 butir kategori soal cukup dan 9 dalam kategori jelek dan hasil uji coba reliabilitas sebesar 0.899 yang dikonsultasikan dengan ketentuan termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan hasil uji coba instrumen angket Kreativitas Belajar, dari 30 butir angket yang diuji cobakan terdapat 24 butir yang valid dan 6 butir yang tidak valid dan hasil uji coba reliabilitas angket sebesar 0.898 yang dikonsultasikan dengan ketentuan diatas termasuk dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Pengetahuan Menggambar Teknik dengan Praktik Menggambar Teknik dengan besar rx1y > rx1y tabel (4.081 > 1697) dan thitung > ttabel (4.431 > 1.697); 2) terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kreativitas belajar dengan praktik menggambar teknik dengan besar rx2y hitung > rx2ytabel (7,453 > 1697) dan thitung > ttabel (3.152 > 1.697); dan 3) terdapat hubungan yang berarti antara pengetahuan menggambar teknik dan kreativitas belajar dengan peraktik menggambar teknik dengan besar Ry(1,2)hitung > Ry(1,2)tabel (24.191 > 1,697) dan Fhitung > Ftabel (20,497 > 3.33) pada taraf signifikan 95% dan α = 0,005. Dengan demikian dapat disimpulakn bahwa ”terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Pengetahuan Menggambar Teknik dan Kreativitas Belaja dengan Praktik Menggambar Teknik Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Konstruksi Kayu SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017”.