HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK DASAR PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 5 MEDAN T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar, 2) Adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar, 3) Adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Minat Belajar dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar pada siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Medan pada Tahun Ajaran 2016/2017. Dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 28 orang. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda soal. 1) Hasil uji coba soal angket minat belajar diperoleh 25 butir angket valid dari 30 butir total angket yang diujicobakan dengan koefisien reliabilitas = 1,0 termasuk kategori sangat tinggi, 2) Hasil uji coba soal angket Konsep Diri diperoleh 28 butir angket valid dari 30 butir total angket yang diuji cobakan, koefisien reliabilitas = 1,0 termasuk kategori sangat tinggi, 3) Hasil uji coba tes Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar diperoleh 24 butir tes valid dari 30 butir total tes yang diujicobakan dengan koefisien reliabilitas = 0,870 termasuk kategori sangat tinggi, indeks kesukaran terdapat 8 butir kategori soal mudah, 16 butir soal sedang dan 6 soal kategori sukar. Daya beda soal terdapat 8 butir soal dalam kategori baik, 12 butir soal dalam kategori cukup dan 10 butir dalam kategori jelek. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar dengan besar korelasi rx1y = 0,486 > rtabel = 0,374 dan thitung = 2,836 > ttabel = 1,706 dan dari korelasi parsial diperoleh rx1y.x2 = 0,406 > rtabel = 0,374 dan thitung = 2,221 > ttabel = 1,703. 2) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Gmbar Teknik Dasar dengan besar korelasi rx2y = 0,603> rtabel = 0,374 dan thitung = 3,854 > ttabel = 1,706 dan dari korelasi parsial diperoleh rx2y.x1 = 0,509 > rtabel = 0,374 dan thitung = 2,957 > ttabel = 1,703. 3) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Minat Belajar dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar dengan besar korelasi ganda diperoleh Rxy(1.2) = 0,502 > rtabel = 0,374 dan uji keberartian korelasi dengan menggunakan Uji-F diperoleh Fhitung = 4,218 > Ftabel = 3,380. Dengan demikian Minat Belajar dan Konsep Diri mempunyai Hubungan yang positif dan berarti terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar.