Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa kelas X program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Swasta Imelda Medan. Subjek penelitian adalah guru kelas sebanyak 33 orang guru dan 1 kelas yang terdiri 33 orang. Instrumen penelitian berupa Tes yang mengukur kompetensi pedagogik guru yang terdiri dari 26 butir soal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik “korelasi product moment”. Hasil belajar siswa diperoleh dari nilai rapor semester genap. Hasil dari korelasi antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa r hitung = 0,427, sedangkan untuk uji signifikan koefisien korelasi menunjukkan bahwa r tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,349. Dengan demikian dapat diketahui bahwa r hitung lebih besar dari r tabel, dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang tidak signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa kelas X program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Kota Medan