Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan Persepsi Siswa Dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X SMK -1 Yapim Medan. Populasi terdiri dari 4 kelas sebanyak 144 siswa, dan sampel penelitian berjumlah 60 siswa yang diambil secara acak dengan pertimbangan bahwa karakteristik populasi hampir sama. Instrument yang digunakan adalah angket sebanyak 25 soal untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitianan ini. Data penelitian variabel persepsi siswa tehadap gambar (X) dijaring dengan angket, dan Hasil Belajar gambar teknik (Y) dijaring dengan tes. Berdasarkan uji coba instrumen didapat hasil : (1) variabel persepsi siswa terhadap gambar (X) 24 soal valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,869 pada taraf signifikansi 5%. (2) Hasil Belajar Gambar Teknik (Y) 13 soal yang valid, reliabilitas yang sangat rendah sebesar 0,618 pada taraf signifikansi 5%. Uji normalitas dengan masing-masing variabel penelitian didapat hasil sebagai berikut : (1) variabel Persepsi siswa (X) signifikan 0,0801 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. (2) Hasil Belajar Gambar Teknik (Y) signifikan sebesar 0,1012 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. Hasil uji masing-masing variabel penelitian didapat hasil : (1) persamaan regresi sederhana Y atas X yaitu Ŷ = 7.387+-0.05 X, uji kelinieran persamaan regresi sederhana Y atas X yaitu Fhit = 1.37 < Ftab = 3.99 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis korelasi antar variabel didapat hasil : Persepsi siswa Terhadap gambar (X) hasil belajar (Y) yaitu rhit = 5.04 > 4.00 menunjukkan korelasi yang berarti. (2) pada taraf signifikasi 5%. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh terdapat korelasi yang berarti antara Persepsi Siswa (X) terhadap hasil belajar gambar teknik (Y). Terdapat korelasi yang berarti antara Persepsi siswa (X) terhadap hasil belajar gambar teknik (Y).