UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA RINTANGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 060874 MEDAN PERJUANGAN MEDAN TAHUN AJARA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui penerapan variasi pembelajaran menggunakan media rintangan pada siswa kelas V SD Negeri 060874 Medan Perjuangan Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060874 Medan Perjuangan Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 060874 Medan Perjuangan Medan, yang berjumlah 40 orang diantaranya terdiri dari 22 siswa putra dan 18 siswa putri. Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan lari sprint masih rendah yaitu 17 siswa (42,05%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 23 siswa (57,05%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi pembelajaran Lari Sprint melalui variasi pembelajaran menggunakan media rintangan. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 28 siswa (70%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 12 siswa (30%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 81,64. Pada siklus II hasil belajar Lari Sprint yaitu 35 siswa (87,05%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (12,05%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 85,6 dan persentase kenaikan nilai dari siklus I ke siklus II sebesar 17,05 %. Sedangkan untuk ketuntasan klasikal adalah 85% dan KKM 70. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa melalui variasi pembelajaran menggunakan media rintangan dapat meningkatkan hasil belajar Lari Sprint pada siswa kelas V SD Negeri 060874 Medan Tahun ajaran 2016/2017.