UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA YANG DIMODIFIKASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 TAKENGON T.A. 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lempar cakram melalui pendekatan bermain dengan menggunakan media yang dimodifikasi pada siswa kelas X-1 SMA N 5 Takengon. Metode penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas ( PTK ) dan Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 yang terdiri dari 27 siswa, objek dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan bermain dengan menggunakan media yang dimodifikasi dalam upaya meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada siswa kelas X-1 SMA N 5 Takengon Tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar penilaian teknik dasar lempar cakram. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik dasar lempar cakram, setelah tes siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 27 siswa terdapat 18 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 66,67 % dengan niai rata-rata 70,59, dan 9 siswa yang tidak tuntas sebesar 33,33%. Ini berarti ketuntasan klasikal (>85%) belum tercapai. Untuk itu peneliti masih melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan melakukan tes siklus II yang sama perlakuannya pada siklus I. setelah tes siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 27 siswa terdapat 24 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 88,89 % dengan nilai rata-rata 78,58 dan 3 siswa yang tidak tuntas sebesar 11,11 % Ini berarti ketuntasan secara klasikal (>85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil Penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain dengan menggunakan media dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada siswa kelas X SMA N 5 Takengon Tahun Ajaran 2016/2017