UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR TANGKAP BOLA DALAM PERMAINAN BOLA KASTI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 060853 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lempar tangkap bola dalam permainan bola kasti melalui pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri 060853 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK) dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 32 siswa,objek dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan bermain dalam upaya meningkatkan hasil belajar lempar tangkap bola pada siswa kelas V SD Negeri 060853 Tahun Ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar penilaian teknik dasar lempar tangkap bola. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik dasar lempar tangkap bola, setelah tes siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 32 siswa terdapat 23 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 71,87% dengan nilai rata-rata 68,59. Ini berarti ketuntasan klasikal (>80%) belum tercapai. Untuk itu peneliti masih melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran,dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan melakukan tes siklus II yang sama perlakuannya padasiklus I. Setelah tes siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 32 siswa terdapat 29 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 90,63% dengan nilai rat-rata 77,64. Ini berarti ketuntasan secara klasikal (>80%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lempar tangkap bola dalam permainan bola kasti pada siswa kelas V SD Negeri 060853 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.