HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MESIN PRODUKSI DALAM BIDANG TEKNIK PEMESINAN DI SMK SWASTA PEMDA KISARAN T. A. 2014
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hubungan Motivasi Belajar Siswa (X1) dengan Prestasi Belajar Siswa (Y) , 2) Hubungan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru (X2) dengan Prestasi Belajar Siswa (Y), 3) Hubungan Antara Motivasi Belajar (X1) dan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru (X2) dengan Prestasi Belajar Siswa (Y). Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Total Sampling yaitu jumlah sampel merupakan seluruh anggota populasi siswa Kelas XI Mesin Produksi dalam Bidang Teknik Pemesinan SMK Swasta Pemda Kisaran T. A. 2014 yang berjumlahkan 35 orang siswa. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data variabel Motivasi Belajar (X1) memiliki distribusi normal dengan perolehan skor X2hitung (6,889) < X2tabel (11,04), data pada variabel Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru (X2) memiliki distribusi normal dengan perolehan skor X2hitung (6,988) < X2tabel (11,04), dan data pada variabel Prestasi Belajar Siswa (Y) memiliki distribusi normal degan perolehan skor X2hitung (7,05) < X2tabel (11,04). Hasil uji linieritas menunjukkan bahwa variabel Prestasi Belajar Siswa (Y) memiliki hubungan yang signifikan dan linier dengan variabel Motivasi Belajar (X1) dengan perolehan skor Fhitung (1,43) < Ftabel (2,25), dan hasil uji linieritas juga menunjukkan bahwa variabel Prestasi Belajar Siswa (Y) memiliki hubungan yang signifikan dan linier dengan variabel Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru (X2) dengan perolehan skor Fhitung (2,03) < Ftabel (2,27). Hasil uji hipotesis variabel penelitian Motivasi Belajar (X1) dengan variabel Prestasi Belajar Siswa (Y) menunjukkan hubungan yang signifikan dengan perolehan skor skor rhitung (0,369) > rtabel (0,334) dan thitung (2,281) > ttabel (1,692), dan uji hipotesis variabel penelitian Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru (X2) dengan variabel Prestasi Belajar Siswa (Y) menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan dengan perolehan skor rhitung (0,370) > rtabel (0,334) dan thitung (3,379) > ttabel (1,692), Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara Motivasi Belajar Siswa Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Mesin Produksi dalam Bidang Teknik Pemesinan Tahun Ajaran 2014, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Mesin Produksi dalam Bidang Teknik Pemesinan Tahun Ajaran 2014, dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Motivasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru secara bersama-sama dengan Prestasi belajar Siswa Kelas XI Mesin Produksi dalam Bidang Teknik Pemesinan Tahun Ajaran 2014.