PENGARUH PENERAPAN APLIKASI ELEKTRONIK WORKBENCH DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Teams Achievement Division) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DIGITAL DI SMK SWASTA MELATI PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dasardasar elektronika digital dan penerapan aplikasi elektronika workbench antara pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X bidang keahlian teknik audio video(elcom) SMK melati perbaungan.. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X bidang keahlian teknik audio video(elcom) SMK melati perbaungan tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X jurusan teknik audio video(elcom) SMK melati perbaungan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 72 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara total sampling, sehingga sampel penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas dimana pembelajaran dasardasar elektronika digital dengan penerapan aplikasi elektronika workbench dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas Elcom1 sedangkan pembelajaran ekspositori pada kelas Elcom 2, yang tiap kelas terdiri dari 36 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung= 0,0991 dan Ltabel = 0,1476 maka diperoleh Lhitung(0,0991) < Ltabel(0,1476) pada kategori normal, dan pada kelas kontrol Lhitung = 0,0821 dan Ltabel = 0,1476 maka diperoleh Lhitung(0,0821) < Ltabel(0,1476) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas antara kelas eksperiment dan kelas kontrol digunakan uji barlett pada taraf kepercayaan (α) 0,05 diperoleh X2 hitung = 0,736 dan X2 tabel = 3,84, maka X2 hitung(0,736) < X2 tabel ( 3,84) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf keprcayaan α =0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh, thitung = 4,95 dan ttabel = 1,9967 sehingga thitung > ttabel dan diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dasar-dasar elektronika digital dengan aplikasi elektronika workbench antara siswa kelompok eksperimen dan kelompok ekspositori