Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PDTO pokok bahasan menerapkan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L) dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Pelita Bulu Cina T.P 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Pelita Bulu Cina tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 25 orang siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 73,6 dengan ketuntasan belajar siswa sebanyak 12 orang (48%) sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata 69,6% tergolong rendah. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 84,8 dengan ketuntasan belajar sebanyak 20 orang (80%) yang telah tuntas dan 5 orang (20%) masih belum tuntas, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata 80% tergolong tinggi. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran PDTO pokok bahasan menerapkan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L) dari tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar 73,6 kemudian dilakukan tindakan pada siklus II rata-rata hasil belajar 84,8.