Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metoda konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMK N1 Lubuk Pakam pada semester 1 tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video yang terbadi dalam dua kelas. Secara acak kelas dibagi atas kelas perlakuan dan kontrol. Kelas X TAV 1 sebagai kelas perlakuan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas X TAV 2 menjadi kelas kontrol yang dibelajarkan dengan menggunakan metode Konvensional . Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada pembelajaran Teknik Elektronika diperoleh Lhitung= 0,1185 dan Ltabel = 0,1542 maka diperoleh Lhitung(0,1185) < Ltabel(0,1542) pada kategori normal, dan pada pembelajaran konvensional Lhitung = 0,1164 dan Ltabel = 0,1566 maka diperoleh Lhitung(0,1164) < Ltabel(0,1566) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas antara pembelajaran kooperatif tipe STAD dan konvensional digunakan uji F pada taraf kepercayaan (α) 0,05 diperoleh Fhitung = 1,32 dan Ftabel = 1,74, maka Fhitung(1,32) < Ftabel ( 1,72) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf keprcayaan α =0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh, thitung = 15,49 dan ttabel = 1,6507 sehingga thitung < ttabel dan diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Teknik Elektronika dengan pembelajaran Kooperatif tipe STAD dibandingkan siswa dibelajarkan dengan metode Konvensional.