Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar memelihara sistem bahan bakar bensin siswa kelas XI-MO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru; 2) hasil belajar memelihara sistem bahan bakar bensin siswa kelas XI-MO; 3) hubungan persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar memelihara sistem bahan bakar bensin siswa kelas XI-MO. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2014. Lokasi penelitian SMK Negeri 4 Padangsidimpuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-MO SMK Negeri 4 Padangsidimpuan sebanyak 54 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru dan soal memelihara sistem bahan bakar bensin. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis dengan korelasi product moment dan uji Z. Berdasarkan hasil penelitian, uji kecenderungan persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru tergolong sedang 88,88% dan hasil belajar memelihara sistem bahan bakar bensin tergolong kurang 35,18%. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar memelihara sistem bahan bakar sebesar rhitung = 0,4247 > rtabel = 0,271 dan besar Zhitung = 3,091 > Ztabel = 1,96 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan berarti antara persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar memelihara sistem bahan bakar bensin siswa kelas XI-MO SMK Negeri 4 Padangsidimpuan.