ctrlnum 22634
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/22634/</relation><title>STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) PADA STANDAR KOMPETENSI PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR KELAS X TKR DI SMK NEGERI 2 KISARAN</title><creator>Fandaly, Aria</creator><subject>TJ Mechanical engineering and machinery</subject><subject>TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih terdapat sekitar 75% guru yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yang berdampak pada hasil belajar yang tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe TSTS (2) Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe TSTS (3) Aktifitas belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe TSTS pada standar kompetensi Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur di SMK Negeri 2 Kisaran. &#xD; Metode peneltian yang dipakai kuasi ekperimen dengan populasinya adalah keseluruhan siswa kelas X TKR SMKN 2 Kisaran dan sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling yaitu kelas TKR 1 yang diajarkan dengan metode TSTS dan kelas TKR 2 menggunakan metode Jigsaw. Instrument penelitian mengunakan tes hasil belajar dan lembar aktifitas belajar siswa yang dianalisis dengan statistic uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih tinggi, yaitu 75.05 dibandingkan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, yaitu 74,90. (2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Tipe TSTS pada standar kompetensi Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur pada siswa Kelas X TKR di SMK Negeri 2 Kisaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang diperoleh, yaitu thitung lebih rendah dibandingkan dengan ttable, yaitu 0,08041 &lt; 1,669. (3) Aktifitas belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Tipe TSTS mengalami peningkatan keaktifan pada setiap pertemuan. Peningkatan aktivitas belajar pada kelas TSTS sebesar 23,92% dan pada kelas Jigsaw sebesar 26,15% . Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan TSTS ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Walaupun hasil belajar siswa dengan menggunakan kedua tipe ini tidak memiliki perbedaan.</description><date>2015-03-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22634/9/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22634/5/Lembar%20Pengesahan..pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22634/6/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22634/3/kata%20pengantar%20-%20fixed.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22634/11/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22634/4/Daftar%20Tabel.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22634/10/Daftar%20gambar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22634/1/Daftar%20lampiran.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22634/7/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22634/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22634/2/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Fandaly, Aria (2015) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) PADA STANDAR KOMPETENSI PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR KELAS X TKR DI SMK NEGERI 2 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>22634</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fandaly, Aria
title STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) PADA STANDAR KOMPETENSI PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR KELAS X TKR DI SMK NEGERI 2 KISARAN
publishDate 2015
topic TJ Mechanical engineering and machinery
TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics
url http://digilib.unimed.ac.id/22634/9/Cover.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22634/5/Lembar%20Pengesahan..pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22634/6/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22634/3/kata%20pengantar%20-%20fixed.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22634/11/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22634/4/Daftar%20Tabel.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22634/10/Daftar%20gambar.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22634/1/Daftar%20lampiran.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22634/7/BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22634/8/BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22634/2/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22634/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih terdapat sekitar 75% guru yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yang berdampak pada hasil belajar yang tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe TSTS (2) Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe TSTS (3) Aktifitas belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe TSTS pada standar kompetensi Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur di SMK Negeri 2 Kisaran. Metode peneltian yang dipakai kuasi ekperimen dengan populasinya adalah keseluruhan siswa kelas X TKR SMKN 2 Kisaran dan sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling yaitu kelas TKR 1 yang diajarkan dengan metode TSTS dan kelas TKR 2 menggunakan metode Jigsaw. Instrument penelitian mengunakan tes hasil belajar dan lembar aktifitas belajar siswa yang dianalisis dengan statistic uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih tinggi, yaitu 75.05 dibandingkan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, yaitu 74,90. (2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Tipe TSTS pada standar kompetensi Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur pada siswa Kelas X TKR di SMK Negeri 2 Kisaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang diperoleh, yaitu thitung lebih rendah dibandingkan dengan ttable, yaitu 0,08041 < 1,669. (3) Aktifitas belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Tipe TSTS mengalami peningkatan keaktifan pada setiap pertemuan. Peningkatan aktivitas belajar pada kelas TSTS sebesar 23,92% dan pada kelas Jigsaw sebesar 26,15% . Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan TSTS ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Walaupun hasil belajar siswa dengan menggunakan kedua tipe ini tidak memiliki perbedaan.
id IOS3150.22634
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:15:19Z
last_indexed 2017-02-25T17:15:19Z
recordtype dc
_version_ 1766033425676894208
score 17.538404