PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGGUNAAN ALAT UKUR LISTRIK PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKHNIK ELEKTRO SMK NEGERI 1 MANDAU T.P 2013/2014
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran Model Pemebelajaran Stad pada mata diklat Penggunaan alat ukur listrik di SMK Negeri 1 Mandau Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X Jurusan Teknik Elektro SMK Negeri 1 Mandau. Jumlah siswa kelas X Teknik Elektro sebanyak 25 orang. Penelitian dilakukan pada tanggal 11 Juli sampai dengan 20 Agustus 2013 di SMK Negeri 1 Mandau. Pada saat pre test dari 25 orang siswa kelas X TE yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) Dari Hasil Belajar Tes Awal, Siklus 1, Siklus 2 pada kelas X Teknik elektro dapat dilihat rincian dimulai dari Pertama hasil pretest mendapatkan rata-rata 62,4 Standar Deviasi 11,60, siswa tuntas 9 orang 27,27% dan siswa tidak tuntas 16 orang 72,72 %, Kedua hasil postest 1 mendapatkan rata-rata 60,15, Standar Deviasi 10,26, siswa tuntas 24 orang 27,27% dan siswa tidak tuntas 1 orang 72,72 %, dan Ketiga hasil postest 2 mendapatkan rata-rata 72,42, Standar Deviasi 11,80 siswa tuntas 24 orang 72,72 % dan siswa tidak tuntas 1 orang 27,27%. Berdasarkan hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievenment Devision Terhadap Hasil Belajar Pengunaan Alat Ukur Listrik (PAUL) Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Mandau Kabupaten Bengkalis dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian disarankan kepada pihak sekolah agar menggunakan Model Kooperatif tipe stad sebagai media pembelajaran khususnya untuk meningkatkan hasil belajar