PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEORI MEMASANG INSTALASI LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA PADA KELAS X DI SMK SWASTA PAB 6 MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penetlitian ini adalah rendahnya hasil belajar teori Memasang Instalasi Tenaga Listrik Bangunan Sederhana dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar teori MITLBS pada kelas X di SMK Swasta PAB 6 Medan Estate Tahun Ajaran 2014 – 2015 dengan menerapkan media pembelajaran berbasis animasi power point. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK Swasta PAB 6 Medan Estate. Penelitian terdiri dari 2 Siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah test untuk melihat hasil belajar siswa selama proses pembelajran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dari analisis data yang diperoleh hasil belajar siswa pada test Siklus I mengalami peningkatan sebesar 20% dari Pretest dengan nilai rata – rata pretest 58,6 ( 7 siswa tuntas) dengan persentase 23% dan pada Siklus I nilai rata – rata 67,4 (13 siswa tuntas) dengan persentase 43%. Dan pada Siklus II mengalami peningkatan dengan hasil yang diperoleh adalah nilai rata – rata 75 (24 siswa tuntas) dengan persentase 80%. Terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 37% (dari 43% menjadi 80%). Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran menggunakan animasi power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada teori memasang instalasi tenaga listrik bangunan sederhana di kelas X SMK Swasta PAB 6 Medan Estate Tahun Ajaran 2014 – 2015.