PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELAKUKAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI KELAS XI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash lebih efektif terhadap pembelajaran instalasi motor listrik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri I Percut Sei Tuan Medan. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) yang terdiri dari 1 kelas dan berjumlah 30. Prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik yang dikemas dalam bentuk cd interaktif dilakukan dengan menggunakan model desain pengembangan ADDIE (Analysis,Design,Development,Implementation,dan Evaluation). Berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap ahli media melalui instrumen berupa angket dengan komponen penilaian adalah sebesar 93,68%. Terhadap review ahli materi maka analisis hasil yang diperoleh pada saat uji coba adalah sebesar 88,421% dan jika dikonversikan pada tabel konversi berada pada kualifikasi sangat baik. Sesuai dengan syarat kelayakan media,maka media yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran .