Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan Antara Minat Kejuruan Dengan Prestasi Belajar Gambar Teknik (2) Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Gambar Teknik (3) Hubungan Antara Minat Kejuruan Dan Disiplin Belajar Secara Bersama-sama Dengan Prestasi Belajar Gambar Teknik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2015. Lokasi penelitian di SMK TI Yapim Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah 144 siswa pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling yaitu dengan cara acak, sampel penelitiannya diambil sebanyak = 58 siswa dengan taraf signifikan 5 %. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Angket Minat Kejuruan Dan Disiplin Belajar sedangkan data Prestasi Belajar Gambar Teknik melalui dokumentasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Analisis data menggunakan deskriptif korelasional, persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji linieritas, uji regresi ganda, uji koefisien korelasi antar variabel, uji hipotesis dengan korelasi product momen dan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara Minat Kejuruan Terhadap Prestasi Belajar Gambar Teknik sebesar rhitung = 0,557 > rtabel = 0,259 dan besar thitung = 3,429 > ttabel = 1,672 pada taraf signifikansi 5% Dan terdapat korelasi antara Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Gambar Teknik sebesar rhitung = 0,586 > rtabel = 0,259 dan besar thitung = 5,41 > ttabel = 1,672 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat: (1) Hubungan Positif dan Berarti antara Minat Kejuruan Dengan Prestasi Belajar Gambar Teknik (2) Hubungan Positif dan Berarti antara Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Gambar Teknik (3) Hubungan Positif dan Berarti antara Minat Kejuruan Dan Disiplin Belajar Secara Bersama-sama Dengan Prestasi Belajar Gambar Teknik pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK TI YAPIM Medan.