PENERAPAN MEDIA BELAJAR ISPRING, POWER POINT DAN ADOBE FLASH (IPPA) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMASANGAN DASAR INSTALASI LISTRIK
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penetlitian ini adalah rendahnya hasil belajar teori Memasang Instalasi Tenaga Listrik Sederhana dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar teori MITLBS pada kelas X di SMK Swasta PAB 6 Medan Estate Tahun Ajaran 2014 – 2015 dengan menerapkan media belajar ispring, power point dan adobe flash (IPPA Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK Swata PAB 6 Medan Estate. Penelitian terdiri dari 2 Siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah test untuk melihat hasil belajar siswa selama proses pembelajran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dari analisis data yang diperoleh hasil belajar siswa pada test Siklus I mengalami peningkatan sebesar 33% dari Pretest dengan nilai rata – rata pretest 57,5 ( 3 siswa tuntas) dengan persentase 17% dan pada Siklus I nilai rata – rata 63,3 (8 siswa tuntas) dengan persentase 44%. Dan pada Siklus II mengalami peningkatan dengan hasil yang diperoleh adalah nilai rata – rata 71,3 (14 siswa tuntas) dengan persentase 78%. Terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 33% (dari 44% menjadi 78%). Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran menggunakan media belajar ispring, power point dan adobe flash (IPPA) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada teori memasang instalasi tenaga listrik bangunan sederhana di kelas X SMK Swasta PAB 6 Medan Estate Tahun Ajaran 2014 – 2015.