AMÉLIORATION DE LA COMPÉTENCE DE COMPRÉHENSION ÉCRITE DES LYCÉENS EN UTILISANT LE MÉDIA DE BANDE DESSINÉE À SMA NEGERI 1 KEJURUAN MUDA DE L’ANNÉE SCOLAIRE 2014/2015
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan memahami teks dalam bahasa perancis siswa dengan menggunakan media komik. Objek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Kejuruan Muda Aceh Tamiang kelas X MIA 4 semester satu yang berjumlah 25 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kejuruan Muda di kelas X MIA 4 pada mata pelajaran bahasa perancis pada bulan Agustus Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan selama 7 minggu dalam 2 siklus : siklus pertama terdiri dari 4 pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 3 pertemuan. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dan angket. Penelitian ini direalisasikan dengan langkah-langkah sebagai berikut : merencanakan apa yang diajarkan guru dengan menggunakan media komik, membuat skenario pembelajaran dengan menggunakan media ini. Selanjutnya peneliti merealisasikan ujian pre-test untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa perancis sebelum pembelajaran dengan menggunakan media komik. Kemudian peneiliti mempersiapkan ujian final atau post-test setelah siklus pertama dan kedua selesai. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan skor kemampuan memahami teks adalah nilai rata-rata kemampuan awal siswa (pre-test) sebesar : 54,76. Nilai rata-rata pada siklus 1 (post-test I) adalah sebesar : 68,32 dan nilai rata-rata kemampuan akhir siswa (post-test II) adalah sebesar : 82,32. Dengan demikian, terjadi peningkatan kemampuan memahami teks bahasa perancis siswa dengan menggunakan media komik.