HUBUNGAN MINAT DAN KESIAPAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL DI SMK NEGERI 10 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan yang signifikan dan berarti antara minat belajar terhadap hasil belajar pengolahan makanan kontinental di SMK Negeri 10 Medan (2) Hubungan yang signifikan dan berarti antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar pengolahan makanan kontinental di SMK Negeri 10 Medan (3) Hubungan yang signifikan dan berarti antara minat belajar dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar pengolahan makanan kontinental di SMK Negeri 10 Medan. Penelitian ini ini penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jasa boga yang berjumlah 67 orang siswa dari 2 kelas, dan menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel 34 orang siswa. Data diambil dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Hubungan minat belajar (X1) terhadap hasil belajar pengolahan makanan kontinental (Y) di SMK Negeri 10 Medan. diperoleh nilai rhitung < rtabel ( 0,0726 < 0,339) pada taraf signifikan 5% sehingga korelasi X1 dan Y adalah tidak berarti dan tidak signifikan; (2) Hubungan kesiapan belajar (X2) terhadap hasil belajar pengolahan makanan kontinental (Y) di SMK Negeri 10 Medan. diperoleh nilai rhitung > rtabel ( 0,5289 > 0,339) pada taraf signifikan 5% sehingga korelasi X2 dan Y adalah berarti dan signifikan ; (3) Hubungan minat belajar (X1) dan kesiapan belajar (X2) terhadap hasil belajar pengolahan makanan kontinental (Y) di SMK Negeri 10 Medan. diperoleh nilai Fhitung > Ftabel ( 14,875 < 3,32 ) pada taraf signifikan 5% sehingga korelasi minat belajar ( X1) dan kesiapan belajar (X2) dengan hasil belajar pengolahan makanan kontinental (Y) di SMK Negeri 10 Medan berarti dan signifikan.