Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin terhadap hasil belajar membuat barang kerajinan suku karo di SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe (2) untuk mengetahui perbedaan prestasi Belajar terhadap Hasil belajar membuat barang kerajinan suku karo Di SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe (3) untuk mengetahui interaksi antara Jenis Kelamin dan prestasi belajar terhadap hasil belajar membuat barang kerajinan suku karo di SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe berjumlah 36 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan mengambil 20% (18 orang) dari jumlah Populasi siswa laki –laki dan 20% (18 orang) siswa perempuan sebanyak 36 orang. Data penelitian ini dijaring melalui dokumentasi untuk variabel Jenis Kelamin dan Prestasi Belajar. Sedangkan untuk data Hasil Belajar Membuat Barang Kerajinan Karo data dijaring melalui lembar pengamatan. Berdasarkan uji kesepakatan pengamat dengan menggunakan ANAVA satu jalur dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 4 : 175, diperoleh Ftabel = 2,422, sehingga diketahui Fo < Ft (2,29 < 2,422). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil pengamatan dari kelima orang observer (pengamat) atau dapat diartikan bahwa butir-butir komponen tentang Hasil Belajar Membuat Barang Kerajinan Karo. Berdasarkan uji persyaratan analisis, sebaran data Hasil Belajar Membuat Barang Kerajinan Karo berdistribusi normal yaitu Lo < Ltabel (0,139 < 0,147). Sedangkan untuk uji homogenitas diketahui bahwa variansi populasi adalah homogeny yaitu 2 hitung < 2 tabel (2,458 < 7,815). Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan ANAVA 2 Jalur diketahui bahwa : (1) Tidak ada perbedaan jenis kelamin terhadap hasil belajar membuat barang kerajinan suku karo di SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe dimana Fhitung < Ftabel (1,399 < 2,90); (2) Terdapat perbedaan prestasi Belajar terhadap Hasil belajar membuat barang kerajinan suku karo Di SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe dimana Fhitung > Ftabel (14,327 > 2,90); (3) Tidak ada interaksi antara Jenis Kelamin dan prestasi belajar terhadap hasil belajar membuat barang kerajinan suku karo di SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe dimana Fhitung < Ftabel (0,148< 2,90).