HUBUNGAN SOSIAL EKONOMI KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SISWA MTs AL-JAMIYATUL WASHLIYAH TEMBUNG KECAMATAN PERCUT SEI TUAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan: (1). untuk mengetahui sosial ekonomi keluarga (pendidikan orang tua, pekerjaan orang tua, pendapatan orang tua, usia orang tua dan besar keluarga); (2). untuk mengetahui hasil belajar keterampilan siswa MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung; (3). untuk mengetahui hubungan sosial ekonomi keluarga dengan hasil belajar keterampilan siswa. Lokasi penelitian di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung Jalan Besar Tembung No.78. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2015. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan korelasi rank spearman. Data sosial ekonomi keluarga yaitu jumlah anggota keluarga rataan 3,45 orang yaitu termasuk keluarga kecil, tingkat pendidikan ayah dan ibu rataan 10,72, 9,70 tahun berada pada jenjang pendidikan SLTP/SLTA, usia ayah rataan 45,32 tahun, usia ibu rataan 43,55 tahun yaitu termasuk kategori setengah baya, pekerjaan ayah dan ibu bervariasi yaitu pedagang, wiraswasta, tukang bangunan, ibu rumah tangga, pendapatan keluarga dengan rataan Rp. 1.748.000,00 per bulan. Hasil belajar keterampilan siswa termasuk dalam kategori baik. Hasil uji statistik korelasi rank spearman menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara jumlah anggota keluarga, pendidikan ayah, pendidikan ibu, pendapat orang tua, usia ayah, usia ibu dengan hasil belajar keterampilan dengan nilai masing – masing (r = 0,10; = 0,02, r = 0,01; =0,02, r = 0,17; = 0,02, r = 0,24; = 0,01, r = 0,05; = 0,05, r = 0,04; = 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik sosial ekonomi keluarga maka, semakin baik hasil belajar keterampilan siswa