Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengajaran model project based learning (pembelajaran berbasis proyek) terhadap kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA negeri 2 Kisaran Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 280 orang. Dari populasi tersebut ditentukan 80 siswa yang diambil secara acak sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes penugasan hasil karya (tertulis). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memproduksi teks laporan hasil observasi dengan menerapkan model project based learning (pembelajaran berbasis proyek) termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 80,9, sedangkan kemampuan siswa dalam memproduksi teks laporan hasil observasi dengan menerapkan model pengajaran langsung termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 67,78. Selanjutnya, hasil dari hipotesis > atau 12,28 > 1,99 pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Artinya model project based learning (pembelajaran berbasis proyek) berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA negeri 2 Kisaran Tahun Pembelajaran 2014/2015. Dengan kata lain, hasil pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi dengan menerapkan model project based learning (pembelajaran berbasis proyek) lebih baik dari hasil pembelajaran dengan menerapkan model pengajaran langsung.