PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA BUDI SATRIYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis Teks Laporan Hasil Observasi siswa kelas X SMA Swasta Budi Satriya Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Budi Satriya Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 354 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 30 orang dari jumlah populasi sebanyak 354 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara random denagan undian. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprimen semu atau Quasi eksperiment. Dari pengelolahan data diperoleh nilai rata-rata pretes = 68,23 , standar deviasi = 6,32, dan standar error = 1,33 dan termasuk kedalam 3 kategori yaitu termasuk kategori baik sebanyak 11 siswa atau 36.7%, kategori cukup sebanyak 15 siswa atau 50%, dan kategori kurang sebanyak 4 siswa atau 13,3%. Berdasarkan uji normalitas,hasil pretes dan poetest dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar 6,19. Setelah t0 diketahui, maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = N – 1= 30- 1 = 29 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 1,658. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui t0 > ttabel, yaitu 6,19 > 2,04 . Dengan demikian H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMA Swasta Budi Satriya Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.