Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang RPP Kurikulum 2013 yang disusun oleh guru-guru bahasa Indonesia di sekolah sasaran implementasi kurikulum 2013 yang bertujuan untuk mengetahui kesesuaian RPP yang disusun oleh guru-guru bahasa Indonesia Kelas VII SMP, semester genap, materi teks cerpen di Kabupaten Karo dengan Permendikbud 81 A tahun 2013. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah RPP bahasa Indonesia kelas VII SMP di SMPN 2 Berastagi dan SMP Swasta Masehi Berastagi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan membaca efektif. Teknik analisis data terhadap kesesuaian kesesuaian RPP yang disusun oleh guru-guru bahasa Indonesia Kelas VII SMP di Kabupaten Karo dengan Permendikbud 81 A tahun 2013. Hasil data analisis yang diperoleh yakni dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru bahasa Indonesia, materi teks cerpen di kabupaten Karo memiliki tingkat kesesuaian yang rendah terhadap Permendikbud 81 A tahun 2013, hal ini dapat kita lihat dari persentase hasil analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SMP Kabupaten Karo < 60 % yakni, mencapai 33,9 %. Artinya RPP tersebut termasuk kategori tidak sesuai. Hasil tersebut merupakan nilai rata-rata total persentase RPP SMP N 2 Berastagi sebesar 53,57 % dan SMP Swasta Masehi Berastagi 14,28 %. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa RPP tersebut masih jauh dari sempurna, dalam hal ini kita dapat mengetahu bahwa pemahaman guru-guru bahasa Indonesia di Kabupaten Karo mengenai penyususun RPP kurikulum 2013 masih kurang. Artinya pelatihan ataupun sosialisasi kurikulum 2013 yang diadakan pemerintah 2013 dinilai tidak berhasil.