EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK DALAM ARTIKEL OLEH SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 SERBAJADI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menemukan ide pokok. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIISMA Negeri 1 Serbajadi Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 110 siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas XII IPS A dan XII IPS B yang masing-masing berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah pilihan berganda tes. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menemukan ide pokok dalam artikel siswa kelas XII SMA Negeri 1 Serbajadi Tahun Pembelajaran 2014/2015 dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 82,23, standar deviasi = 12,22 sedangkan kemampuan menemukan ide pokok dalam artikel siswa kelas XII SMA Negeri 1 Serbajadi Tahun Pembelajaran 2014/2015 dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori di kelas kontrol masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 64,60, standardeviasi = 13,27. Dari uji data hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah tosebesar3,62. Selanjutnya to diketahui, kemudian di konsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5%dengan df=N-1= 35-1 = 34 dari df = 35diperoleh taraf signifikasi 5%=2,03, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 3,62> 2,03, maka hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri efektif diterapkan terhadap kemampuan menemukan ide pokok siswa kelas XII SMA Negeri 1 Serbajadi Tahun Pembelajaran 2014/2015.