Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Swasta Kartika I-2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X pada kompetensi dasar mengidentifikasi kebutuhan manusia di SMA Swasta Kartika I-2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Kartika I-2 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Kartika I-2 Medan berjumlah 240 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak ( Random Sampling) yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen dalam bentuk tes pilihan berganda. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dan uji reliabilitas tes dengan KR-20 dengan hasil sebesar r hitung> r tabel (0,804 > 0,312). Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) 77,50 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar dengan metode konvensional 68,50. Teknik analisis data yang dipergunakan yaitu dengan uji t pada taraf signifikansi alpha 5% `diperoleh nilai t hitung sebesar 4,323 dengan sig sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian model pembelajaran Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X pada kompetensi dasar mengidentifikasi kebutuhan manusia di SMA Swasta Kartika I-2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 sehingga Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa SMA Swasta Kartika I-2 Medan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X pada kompetensi dasar mengidentifikasi kebutuhan manusia SMA Swasta Kartika I-2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. .