HUBUNGAN PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui hubungan peran guru sebagai motivator dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan, yang beralamat di jalan Tuasan No. 35 Medan. Jumlah populasi pada penelitian ini 131 responden yang terdiri dari 4 kelas, dan dengan menggunakan teknik sample random sampling maka jumlah sampel adalah 34 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan angket yang terdiri atas 23 butir dengan teknik cronbach alpha diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,941. Instrument yang digunakan untuk mengukur variabel X berupa angket sedangkan untuk melihat variabel Y. Teknik analisis data menggunakan koefisien korelasi dan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh perhitungan koefisien korelasi Product Moment diketahui bahwa rhitung > rtabel yaitu 0,935 > 0,338 pada taraf signifikan 95% dan alpha 0,05%. Ini menunjukkan bahwa korelasi antara peran guru sebagai motivator dengan prestasi belajar. Dan uji-t diperoleh thitung >ttabel yaitu 9,308 > 2,037. Ini menunjukkan bahwa korelasi antara peran guru sebagai motivator dengan prestasi belajar dan hipotesis diterima Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Terdapat hubungan antara peran guru sebagai motivator dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat diterima