Daftar Isi:
  • Masalah dari penelitian ini adalah kurangnya kelengkapan perpustakaan dan minat baca siswa yang semakin rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi siswa tentang kelengkapan perpustakaan dan minat baca terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanah Jawa T.P 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanah Jawa. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanah Jawa T.P 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah populasi 152 siswa. Dan sampel yang digunakan sebanyak 30 sampel yang diperoleh dengan cara Random Sampling. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan angket. Teknis analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis secara parsial menggunakan uji t dan secara simultan menggunakan uji F. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan linier Y = 0,175 + 0,316 + 0,914 . Uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kelengkapan perpustakaan mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa dengan = 3,284 > = 1,697, dan minat baca mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa dengan = 4,543 > = 1,697. Secara simultan persepsi siswa tentang kelengkapan perpustakaan dan minat baca mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa dengan nilai = 18,347 > = 3,354 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari persepsi siswa tentang kelengkapan perpustakaan dan minat baca terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanah Jawa T.P 2014/2015.