Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Student Team Achiavement Division (STAD) pada materi pokok sistem reproduksi manusia di kelas IX SMP Negeri 2 Pahae Julu Tahun Pembelajaran 2014/ 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Sampel pada penelitian ini sebanyak 60 orang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IXA (30) yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw dan kelas IXB (30) untuk model pembelajaran Tipe STAD. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Sebelum soal diberikan kepada siswa, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, daya beda soal, dan tingkat kesukaran soal dengan rtabel 0,361 dan taraf signifikan ⍺ = 0,05. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh nilai rata- rata post tes hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw sebesar