Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Make A Match (MAM) dengan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada sub Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X IPA Perguruan SMA AL-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA Semester 2 Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa seluruhnya adalah 86. Sedangkan sampel diambil secara classring sampling sebanyak dua kelas yaitu X IPA 2 sebagai kelas Make A Match (MAM) dan X IPA 3 sebagai kelas Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) masing-masing berjumlah 28 orang, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 orang dan jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata - rata hasil belajar siswa pada kelas Make A Match (MAM) sebesar 87,14 dengan Standar Deviasi 5,79, sedangkan pada kelas Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) sebesar 79,10 dengan Standar Deviasi 5,38 sehingga diketahui nilai rata-rata postes kelas Make A Match (MAM) dibandingkan kelas Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan = 0.05, dimana (3,64 2,006) yang berarti dalam penelitian ini ditolak dan diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan secara statistik dimana kelas Make A Match (MAM) lebih baik hasil belajarnya daripada kelas yang menggunakan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X IPA Perguruan SMA AL-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.