Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru PKn dalam membina moral siswa kelas VII di SMPN 27 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan teknik metode penelitian deskriptif kulaitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 200 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah dengan mengambil 10% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik Random Sampling. Yang menjadi alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus tabel frekuensi. Dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa peranan guru PKn dalam membina sikap moral terhadap siswa kelas VII di SMPN 27 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014 sudah berperan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat bagaimana sikap siswa sehari-hari di sekolah. Hipotesis dalam penelitian ini adalah menunjukkan 75%-100% guru sudah berperan dalam membina sikap moral siswa. Dalam hal ini guru PKn harus meningkatkan terus peranan mereka sebagai guru PKn yakni dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari kepada peserta didiknya, maapu menciptakan karakter siswa yang baik sesuai dengan tujuan pengajaran dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).