ctrlnum 22182
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/22182/</relation><title>UPAYA GURU GEOGRAFI DALAM MENINGKATKAN&#xD; HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELAJARAN&#xD; GEOGRAFI DI SMA SWASTA KECAMATAN MEDAN&#xD; SELAYANG TAHUN AJARAN 2014/2015</title><creator>Defana, Mariska</creator><subject>G Geography (General)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru geografi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI materi pokok biosfer semester ganjil di SMA Dharma Pancasila Medan, SMA Gajah Mada Medan, dan SMA Mulia Medan Tahun Ajaran 2014/2015 ditinjau dari penguasaan materi/bahan ajar, penggunaan media yang sesuai dengan materi yang diajarkan, penggunaan sumber belajar penggunaan metode mengajar yang sesuai dengan materi yang diajarkan, mengevaluasi hasil belajar.&#xD; Penelitian ini dilaksanakan di SMA Dharma Pancasila Medan, SMA Gajah Mada Medan, dan SMA Mulia Medan tahun 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah guru geografi SMA kelas XI yang berjumlah 3 (tiga) orang sehingga ditetapkan menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung. Alat yang digunakan dalam komunikasi langsung adalah lembar observasi dan alat yang digunakan dalam komunikasi tidak langsung adalah angket selanjutnya data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa upaya seorang guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi biosfer adalah sebagai berikut: guru a dan guru b masih perlu berupaya untuk menguasai materi/bahan pelajaran dan guru memperhatikan karakteristik siswa dan kebutuhan siswa sesuai kurikulum dan guru c tetap mempertahankan upayanya dalam penguasaan materi/bahan ajar; guru a, guru b dan guru c masih harus berupaya untuk memilih metode mengajar yang tepat dan menumbuhkan minat siswa, semakin banyak variasi metode mengajar yang diberikan kepada siswa akan menumbuhkan minat dan motivasi siswa untuk mau belajar; guru a, guru b dan guru c masih perlu memilih alat media yang tepat agar materi yang ditransfernya bisa berjalan sebagaimana mestinya, dan tujuan pengajaran dari proses belajar mengajar yang ada diharapkan bisa tercapai dengan baik; guru b masih harus berupaya untuk menambah sumber penunjang belajar seperti perpustakaan, narasumber, media cetak, dan buku penunjang. guru a dan guru c tetap menambah penggunaan sumber penunjang belajar seperti perpustakaan, narasumber, media cetak, dan buku penunjang; guru a, guru b dan guru c masih harus berupaya untuk mengevaluasi hasil belajar siswa, mengumpulkan data dan informasi untuk mengetahui sejauh mana perkembangan hasil belajar siswa.</description><date>2015-01-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22182/1/3103131042.%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22182/2/3103131042.%20Lembar%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22182/3/3103131042.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22182/4/3103131042.%20Kata%20Pengantar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22182/5/3103131042.%20Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22182/6/3103131042.%20Daftar%20Tabel.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22182/7/3103131042.%20Daftar%20Gambar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22182/8/3103131042.%20Daftar%20Lampiran.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22182/9/3103131042.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22182/10/3103131042.%20BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/22182/11/3103131042.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Defana, Mariska (2015) UPAYA GURU GEOGRAFI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA SWASTA KECAMATAN MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>22182</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Defana, Mariska
title UPAYA GURU GEOGRAFI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA SWASTA KECAMATAN MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2014/2015
publishDate 2015
isbn 9783103131048
topic G Geography (General)
LB1603 Secondary Education. High schools
url http://digilib.unimed.ac.id/22182/1/3103131042.%20Cover.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22182/2/3103131042.%20Lembar%20Pengesahan.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22182/3/3103131042.%20Abstrak.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22182/4/3103131042.%20Kata%20Pengantar.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22182/5/3103131042.%20Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22182/6/3103131042.%20Daftar%20Tabel.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22182/7/3103131042.%20Daftar%20Gambar.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22182/8/3103131042.%20Daftar%20Lampiran.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22182/9/3103131042.%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22182/10/3103131042.%20BAB%20VI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22182/11/3103131042.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/22182/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru geografi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI materi pokok biosfer semester ganjil di SMA Dharma Pancasila Medan, SMA Gajah Mada Medan, dan SMA Mulia Medan Tahun Ajaran 2014/2015 ditinjau dari penguasaan materi/bahan ajar, penggunaan media yang sesuai dengan materi yang diajarkan, penggunaan sumber belajar penggunaan metode mengajar yang sesuai dengan materi yang diajarkan, mengevaluasi hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Dharma Pancasila Medan, SMA Gajah Mada Medan, dan SMA Mulia Medan tahun 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah guru geografi SMA kelas XI yang berjumlah 3 (tiga) orang sehingga ditetapkan menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung. Alat yang digunakan dalam komunikasi langsung adalah lembar observasi dan alat yang digunakan dalam komunikasi tidak langsung adalah angket selanjutnya data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa upaya seorang guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi biosfer adalah sebagai berikut: guru a dan guru b masih perlu berupaya untuk menguasai materi/bahan pelajaran dan guru memperhatikan karakteristik siswa dan kebutuhan siswa sesuai kurikulum dan guru c tetap mempertahankan upayanya dalam penguasaan materi/bahan ajar; guru a, guru b dan guru c masih harus berupaya untuk memilih metode mengajar yang tepat dan menumbuhkan minat siswa, semakin banyak variasi metode mengajar yang diberikan kepada siswa akan menumbuhkan minat dan motivasi siswa untuk mau belajar; guru a, guru b dan guru c masih perlu memilih alat media yang tepat agar materi yang ditransfernya bisa berjalan sebagaimana mestinya, dan tujuan pengajaran dari proses belajar mengajar yang ada diharapkan bisa tercapai dengan baik; guru b masih harus berupaya untuk menambah sumber penunjang belajar seperti perpustakaan, narasumber, media cetak, dan buku penunjang. guru a dan guru c tetap menambah penggunaan sumber penunjang belajar seperti perpustakaan, narasumber, media cetak, dan buku penunjang; guru a, guru b dan guru c masih harus berupaya untuk mengevaluasi hasil belajar siswa, mengumpulkan data dan informasi untuk mengetahui sejauh mana perkembangan hasil belajar siswa.
id IOS3150.22182
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:15:03Z
last_indexed 2017-02-25T17:15:03Z
recordtype dc
_version_ 1766033422638120960
score 17.538404