Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kendala-kendala dalam penerapan model pembelajaran STAD dan NHT di kelas XI IPS SMAN 11 Medan pada materi Sebaran Barang Tambang di Indonesia, (2) Apakah penerapan model Pembelajaran STAD dan NHT ini dapat disesuaikan dengan pendekatan saintifik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 11 Medan dan sampel penelitian ini siswa kelas XI IPS 1 dan siswa kelas XI IPS 2 pada tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 73 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Tehnik analisa datanya menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat kendala dalam penerapan Model STAD yaitu masih kurang kondusifnya kelas dan masih terdapat siswa pasif. sedangkan kendala dalam penerapan model NHT yaitu masih kurang kondusifnya kelas, keberanian siswa masih kurang dalam memeberikan tanggapan dikarenakan terbiasa pasif didalam kelas dan belum terbiasa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together, masih terdapat siswa yang tidak terpanggil nomornya. (2) Hasil penelitian menjelaskan bahwa model pembelajaran STAD dan NHT dilihat dari partisipasi siswa yaitu STAD memperoleh skor 3,56 dan NHT memperoleh skor 3,41 dapat dikatakan cukup sesuai dengan pendekatan saintifik namun belum baik dalam penerapannya