KINERJA GURU GEOGRAFI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN ASAHAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kinerja Guru Geografi yang bersertifikat pendidik profesional dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Negeri Se-Kabupaten Asahan (2) Kinerja Guru Geografi yang bersertifikat pendidik profesional dalam Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Negeri Se-Kabupaten Asahan dan (3) Kinerja Guru Geografi yang bersertifikat pendidik profesional dalam Kepribadian dan Sosial di SMA Negeri Se-Kabupaten Asahan. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Asahan tahun 2015, populasi dalam penelitian ini adalah guru geografi yang bersertifikat pendidik profesional di SMA Negeri Se-Kabupaten Asahan yang berjumlah 11 orang guru geografi mengingat dan menimbang populasi yang terbatas maka populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan studi dokumenter, sedangkan teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Guru geografi yang bersertifikat pendidik profesional dalam (1) Kinerja Guru Geografi yang bersertifikat pendidik profesional dalam Merencanakan Pembelajaran di SMA Negeri Se-Kabupaten Asahan dengan menggunakan RPP masih dalam kategori cukup 73,8 sebagai realisasi dan pengembangan dari silabus yang ditetapkan pemerintah,(2) Kinerja Guru Geografi yang bersertifikat pendidik profesional dalam Pelaksanaan Pembelajaran, secara umum guru geografi yang bersertifikat pendidik profesional dalam melaksanakan pembelajaran dengan strategi pembelajaran dan metode pembelajaran ceramah dan masih termasuk dalam kategori kurang 65,1 dan (3) Kepribadian dan Sosial, guru geografi bersertifikat pendidik profesional secara umum memilliki kemampuan dalam kategori cukup 76,4