Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan, 1).Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas X-2 MAN 3 Medan dalam penerapan model pembeajaran kolaborasi Probing Prompting Dan Course Review Horey, 2). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X-2 MAN 3 Medan setelah penerapan model pembelajaran kolaborasi Probing Prompting Dan Course Review Horey, Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 MAN 3 Medan Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan komunikasi langsung dengan menggunakan lembar observasi dan komunikasi tak langsung dengan menggunakan Quis, LKS dan tes tertulis. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1). Aktivitas belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II, yakni diperoleh bahwa aktivitas mengalami peningkatan sebesar 13,50 % dari siklus I sebesar 72,27% menjadi 85,77 % pada siklus II, (2). Hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II, diperoleh bahwa hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 30.00 % dari siklus I (satu) 60,00 % menjadi 90,00% pada siklus II, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian di terima