PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBENTUKAN BUMI KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 2 KABANJAHE T.A 2014/2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Cooperative Script dengan media Audio-Visual pada materi pembentukan bumi di kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Kabanjahe T.A 2014/2015. (2) Peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Cooperative Script dengan media Audio-Visual pada materi pembentukan bumi di kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Kabanjahe T.A 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Kabanjahe T.A 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS 2 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) teknik observasi, dan (2) teknik komunikasi tidak langsung dengan alat: postest dalam bentuk multiple choice dan lembar kerja siswa (LKS). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan media Audio-Visual dapat meningkatkan: (1) aktivitas belajar siswa sebesar 0,33 (10,93%) dari rata-rata sebesar 1,91 (63,70%) di siklus I menjadi 2,24 (74,63%) di siklus II dengan rata-rata seluruh aktivitas 2,24 atau dikategorikan baik melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan media Audio-Visual pada materi pembentukan bumi. (2) hasil belajar siswa dari total 36 siswa di kelas X IPS 2, pada siklus I terdapat 22 siswa (61,11 %) yang tuntas dan 14 siswa (38,89%) yang tidak tuntas. Pada siklus II terdapat 32 siswa (88,89%) yang tuntas dan 4 siswa (11,11%) yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari 22 siswa (61,11%) di siklus I dan 32 siswa (88,89%) di siklus II yang dapat dilihat dengan bertambahnya 10 siswa (27,78%) yang tuntas. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima, artinya penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan media Audio-Visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.