Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi nilai karakter dalam pelaksanaan pembelajaran geografi di SMA Kota Takengon. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2014. Populasi penelitian adalah seluruh sekolah tingkat SMA se-Kota Takengon. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan menentukan dua sekolah yaitu SMA Negeri 2 Takengon dan SMA Muhammadiyah 5 Takengon. Setelah penetapan sekolah kemudian dari kedua sekolah tersebut ditetapkan secara acak masing-masing satu kelas sebagai sampel penelitian, sehingga diperoleh kelas XI IPS 1 dari SMA Negeri 2 Takengon dan kelas XI IPS 1 dari SMA Muhammadiyah 5 Takengon dengan jumlah responden keseluruhan sebanyak 44 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah komunikasi langsung dengan menggunakan lembar observasi dan komunikasi tidak langsung dengan menggunakan angket, kemudian data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasikan nilai karakter dalam pembelajaran geografi di SMA Kota Takengon masih kurang optimal, hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian bahwa untuk SMA Negeri 2 Takengon masih tergolong dalam kategori kurang baik (40,3%) dan SMA Muhammadiyah 5 Takengon tergolong dalam kategori cukup (61,4%)